Pengertian Sistem

Sistem dapat juga diartikan sebagai suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang telah ada atau disepakati bersama dan yang saling berhubungan. Berkumpul bersama untuk menyelesaikan suatu tujuan yang sudah ditentukan dengan melakukan suatu kegiatan-kegiatan yang mengarah pada sasaran. 

Gordon B. Davis, Sistem Informasi Manajemen, 2012 mendefinisikan sistem sebagai seperangkat unsur-unsur yang terdiri dari manusia, alat, konsep dan prosedur yang dihimpun menjadi satu untuk maksud dan tujuan bersama. 

Raymond McLeod Jr, Sistem Informasi Manajemen, 2012 menyatakan bahwa sistem adalah sekelompok elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan. 

Norman L. Enger, Analisa Sistem Informasi, 2012 menyatakan bahwa suatu sistem dapat terdiri atas kegiatan-kegiatan yang berhubungan guna mencapai tujuan-tujuan perusahaan seperti pengendalian inventaris atau penjadwalan produksi. 

Dari definisi diatas maka dapat disimpulkan bahwa sistem adalah serangkaian komponen-komponen dan elemen-elemen yang terstruktur dan sistematis yang saling berkaitan satu sama lain baik dalam proses pengerjaan maupun mencapai tujuan suatu kegiatan. Sistem juga merupakan himpunan dari bagian-bagian yang saling berhubungan yang secara bersama mencapai tujuan-tujuan yang sama. 

Karakteristik Sistem 

Karakteristik sistem antara lain adalah : 

1. Komponen atau elemen 

Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen elemen yang saling berinteraksi, yang bekerja sama membentuk suatu kesatuan. 

2. Batas sistem 

Daerah yang membatasi anatara stu sistem dengan sistem lainnya atau sistem dengan lingkungan luarnya. 

3. Lingkungan luar sistem 

Bentuk apapun yang ada di luar ruang lingkup atau batasan sistem yang mempengaruhi operasi sistem tersebut dengan lingungan luar sistem. 

4. Penghubung Sistem 

Sebagai media yang menghubungkan sistem dengn subsistem yang lain disebut dengan penghubung sistem atau interface 

5. Masukan Sistem 

Energi yang dimasukan kedalam sistem disebut dengan masukan sistem, yang dapat berupa pemeliharaan (maintenance input) dan (signal input). 

6. Pengolah Sistem 

Hasil dari energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna. 

7. Keluaran Sistem 

Suatu sistem yang dapat mempunyai suatu proses yang akan mengubah masukan menjadi keluaran. 

8. Sasaran Sistem 

Suatu sistem memiliki tujuan dan sasaran yang pasti akan bersifat deterministic

No comments:

Post a Comment