Perancangan Sistem Database


Database merupakan sekumpulan table dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan diperangkat lunak untuk memanipulasinya. Sistem database tersedia untuk beberapa aplikasi yang bermacam-macam di dalam suatu organisasi. Tujuan dari selain database adalah untuk menentukan data-data dalam sistem, sehingga informasi yang dihasilkan dapat terpenuhi dengan baik.
 Menurut Budi Sutedjo Dharma Oetomo, Perancangan dan pembangunan sistem informasi, 2002 Basis Data (Database) merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan di simpanan luar komputer dan digunakan perangkat lunak tertentu untuk memanipulasinya. Database diperlukan karena :
1.        Salah satu komponen penting dalam sistem informasi, karena merupakan dasar dalam menyediakan informasi.
2.        Menurut kualitas informasi yang akurat, tepat pada waktunya dan relevan, informasi dapat dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif  dibandingkan dengan biaya mendapatkanya.
3.        Mengurangi duplikasi data (data redudancy)
4.        Hubungan data dapat ditingkatkan (data reliability).
 Basis data (database) merupakan sekumpulan file atau tabel yang saling berhubungan yang disimpan dalam media penyimpanan elektronik. Dalam satu file terdapat record-record  yang sejenis, sama besar, dan sama bentuk yang merupakan satu kumpulan entity yang beragam. Satu record terdiri dari beberapa field-field  yang saling berhubungan untuk menunjukan bahwa field  tersebut dalam satu pengertian yang lengkap.
Adapun hirarki data sebagai berikut :
Database         :   kumpulan dari beberapa file data yang saling berhubungan satu  dengan yang  lainnya, yang tersimpan dalam perangkat keras    komputer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya.
File                 :   Merupakan kumpulan dari beberapa record  yang saling terkait dan memiliki format file yang sama dan sejenis.
Record            :   Merupakan kumpulan dari beberapa field, yang menggambarkan satu unit data individu tertentu.
Field               :   Merupakan atribut dari record  yang menunjukan satu item dari data seperti nama, nim, alamat dan lain sebagainya.
Byte                 :   Merupakan atribut dari field  yang merupakan karakter yang membentuk nilai dari sebuah field.
Bit                   :   Merupakan bagian terkecil dari data secara keseluruhan, yaitu berupa karakter ASCII nol atau satu yang merupakan komponen
                            pembentuk byte.      

Lihat Juga Artikel dengan cara meng KLIK di bawah ini :
http://globalsearch1.blogspot.com/
http://ayuarifahharianja.blogspot.com/
http://dinulislami.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment