Integritas Laporan Keuangan


Integritas laporan keuangan adalah sejauh mana laporan keuangan yang disajikan menunjukkan informasi yang benar dan jujur. Ukuran integritas laporan keuangan selama ini belum ada walaupun demikian secara intuitif dapat dibedakan menjadi konservatisme dan keberadaan manipulasi laporan keuangan yang biasanya dikukur dengan manajemen laba (Mayangsari, 2004). Beberapa  peneliti menyatakan auditor lebih menyukai pelaporan yang konservatif Defond dan Subranyaman, 1998.

Karakteristik Perusahaan di Indonesia
BUMN adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh negara melalui penyertaan secara  langsung yang berasal dari kekayaan negara yang dipisahkan. Badan usaha milik negara adalah salah satu pilar ekonomi, karena beberapa BUMN berada dalam industri vital dan strategis sehingga peningkatan kinerja BUMN harus memberikan implikasi positif terhadap perekonomian Indonesia.
Karakteristik perusahaan publik bisa dilihat dari kepemilikan saham. Setelah perusahaan melakukan proses go public maka perusahaan bisa mendapatkan manfaat berkaitan dengan resiko bisnis perusahaan. Manfaat go public diantaranya adalah pemilik perusahaan akan membagi kepemilikan perusahaan kepada masyarakat yang berminat untuk membeli saham perusahaan tersebut, sehingga pemilik perusahaan dapat membagi risiko bisnis yang ditanggung apabila menjadi pemilik tunggal perusahaan.

No comments:

Post a Comment