Pengertian Informasi

Istilah informasi sering kali tidak tepat pemakaiannya. Informasi dapat merujuk ke suatu data mentah, data tersusun, kapasitas sebuah saluran komunikasi, dan lain sebagainya. Informasi ibarat darah yang mengalir dalam suatu organisasi, sehingga peran dan kedudukan informasi ini sangat penting dalam suatu organisasi. Pengertian informasi menurut para ahli yaitu : 

Menurut Tata Sutabri, Analisa Sistem Informasi, 2012 informasi adalah data yang telah dikalsifikasikan atau diolah untuk digunakan dalam proses pengambilan keputusan. Ais Zakiyudin, Sistem Informasi Manajemen, 2012 mendefinisikan informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya. 

Informasi juga merupakan fakta-fakta atau data yang telah diproses sedemikian rupa atau mengalami proses transformasi data sehingga berubah bentuk menjadi informasi. Sumber dari informasi adalah data. Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian atau kesatuan nyata. Dari pengertian diatas penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang berarti bagi yang memakai dan yang menerimanya serta memberikan kemudahan dalam membuat atau mengambil keputusan.

Siklus Informasi 
Dari data yang sudah dibuat atau sudah ada belumlah bisa di ambil atau dijadikan sebagai keputusan karena data belum diproses untuk dijadikan informasi. 

Data yang diolah melalui suatu model menjadi informasi tersebut untuk membuat suatu keputusan dan melakukan tindakan melalui model dan seterusnya membentuk suatu siklus. Berarti ini adalah siklus pengolahan data (data processing cycle)

No comments:

Post a Comment