Menurut Wiryanto dalam
buku pengantar komunikasi proses komunikasi model John W. Rilley dan Mathilda
W.Rilley adalah proses komunikasi yang menggunakan pendekatan sosiologi untuk
mengkaji perilaku komunikasi antar manusia. Secara sosiologis, penerima (receiver) pesan (message) yang disampaikan oleh sumber (komunikator) tidak secara
langsung ditanggapi. Tetapi akan mengendalikan aksi dan reaksi terhadap pesan
yang diterima. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap diri penerima adalah
kelompok primer seperti keluarga inti dan kelompok rujukan, yang dalam struktur
sosial lebih besar. Nilai-nilai yang dianut penerima berdasarkan norma-norma yang berlaku pada kelompok primer dan kelompok rujukan
ini.
Dalam buku Ilmu
komunikasi (Riswandi, 2009:4) menurut Lasswell
bahwa komunikasi itu adalah suatu upaya yang disengaja serta mempunyai tujuan.
Berdasarkan definisi Lasswell ini dapat diturunkan unsur komunikasi yang saling
bergantung satu sama lain, yaitu :
1. Sumber,
sering disebut pengirim, penyandi, komunikator.
Sumber adalah pihak yang berinisiatif atau mempunyai kebutuhan untuk
berkomunikasi. Sumber boleh jadi seorang individu, kelompok, organisasi, atau
perusahaan.
2. Pesan,
yaitu apa yang dikomunikasikan oleh sumber kepada penerima. Pesan merupakan
seperangkat symbol verbal atau non-verbal yang mewakili perasaan, nilai,
gagasan, atau maksud sumber tersebut. Pesan mempunyai tiga komponen, yakni
makna, digunakan untuk menyampaikan pesan, dan bentuk atau organisasi pesan.
3. Saluran
atau media, yaitu alat atau wahana yang digunakan sumber untuk menyampaikan
pesannya kepada penerima. Pada dasarnya saluran komunikasi manusia adalah dua
saluran, yaitu cahaya dan suara. Saluran juga merujuk pada cara penyampaian
pesan, apakah langsung dengan cara tatap muka atau melalui media seperti cetak
dan elektronik.
4. Penerima
sering juga disebut sasaran atau tujuan yaitu orang yang menerima dari sumber.
Berdasarkan pengalaman massa lalu, rujukan nilai, pengetahuan, persepsi, pola
piker, dan perasaan, penerima pesan menafsirkan sperangkat symbol verbal dan
non-verbal yang diterima.
5. Efek,
yaitu apa yang terjadi kepada penerima setelah ia menerima pesan tersebut.
Misal terhibur, menambah pengetahuna, perubahan sikap, atau perubahan perilaku.
No comments:
Post a Comment