Pengertian Pelanggan


Pengertian pelanggan atau costumer dalam perilaku konsumen adalah seseorang yang sering membeli dari suatu organisasi. Dapat diartikan bahwa setiap orang yang secara regular menggunakan atau menghabiskan suatu produk dari perusahaan adalah pelanggan atau costumer. Disini pelanggan sudah merupakan orang atau individu yang akan menjadi pemakai tetap suatu produk atau jasa tertentu. Pelanggan yang menggunakan barang atau jasa secara konsisten disebut sebagai Loyal Costumer. Loyal Costumer adalah orang yang telah lama menggunakan suatu produk dan mengenal karakteristik produk tersebut serta memahami waktu dan tempat untuk membeli produk tersebut.  (Damanik, 2011)
Pengeritan Consumer
Consumer adalah setiap orang yang merupakan calon pembeli potensial yang akan membeli dan menggunakan barang atau jasa yang di tawarkan oleh perusahaan. Kategori konsumen yang telah berhasil adalah memcahkan permasalahan akan kebutuhannya terhadap suatu produk atau jasa yang dianggap akan membuat lebih baik. Keputusan yang diambil merupakan keputusan baru yang diperoleh sebagai perpaduan antara pertimbangan dari dalam diri dengan olahan informasi yang diperoleh dari luar dirinya. (Damanik, 2011)
Pengambilan Keputusan
Suatu keputusan tidak akan memiliki tingkat keakuratan yang kuat jika tidak didukung oleh informasi yang ada, berbagai input informasi yang diterima akan membantu pembentukan sikap dan rekomendasi keputusan yang di terima dan dapat mengambil keputusan yang terbaik.  (Fahmi, 2011:1)
Definisi Keputusan
Definisi dari keputusan adalah proses penelurusan masalah yang berawal dari latar belakang masalah, identifikasi masalah hingga kepada terbentuknya kesimpulan atau rekomendasi. Lalu rekomendasi itulah yang diambil dalam pengambilan keputusan yang telah dipikirkan atau di pertimbangkan secara seksama. Jika dalam pertimbangan tidak di pikirkan baik-baik, maka output yang akan diterima juga akan tidak selaras dengan hasil yang diinginkan. (Fahmi, 2011:2)

No comments:

Post a Comment