Penilaian Prestasi Kerja adalah suatu proses yang bertujuan untuk mengetahui atau memahami tingkat kinerja karyawan dibandingkan dengan tingkat kinerja karyawan lainnya atau dibandingkan dengan standar yang telah ditetapkan.
Standar kinerja adalah tingkat yang diharapkan dari kinerja.
Tujuan penilaian prestasi kerja adalah memperbaiki dan meningkatkan pretasi kerja karyawan yang pada akhirnya nanti akan bermanfaat bagi pelaksanaan fungsi-fungsi operasional SDM yang lain seperti seleksi, pengembangan, kompensasi, pemeliharaan dan pemutusan hubungan kerja. (Mutiara. S. Panggabean, 2004,h.72).
Kinerja menurut Mathis dan Jackson (2004, h. 378) adalah apa yang dilakukan atau tidak dilakukan oleh karyawan. Kinerja karyawan yang umum untuk kebanyakan pekerjaan meliputi elemen sebagai berikut :
a. Kuantitas dari hasil
b. Kualitas dari hasil
c. Kecepatan waktu dari hasil
d. Kehadiran
e. Kemampuan bekerja sama
Siapa yang melakukan Penilaian Kinerja
a. Para Supervisor yang menilai karyawan mereka
b. Para Karyawan yang menilai Atasan mereka
c. Anggota Tim yang menilai sesamanya
d. Sumber-sumber dari luar
e. Karyawan menilai diri sendiri
f. Penilaian dari multisumber (umpan balik)
No comments:
Post a Comment