Teori-Teori Belajar

Menurut Ernest R. Hilgard. Belajar merupakan proses perubahan tingkah laku yang diperoleh melalui latihan dan perubahan itu disebabkan karena adanya dukungan dari lingkungan yang positif yang menyebabkan terjadinya interaksi edukatif. Perubahan itu terjadi secara menyeluruh meliputi pengetahuan, sikap dan keterampilan. Tetapi kadang-kadang hanya nampak satu domain saja. Perubahan belajar itu sendiri tidak berdasarkkan naluri tetapi melalui proses latihan (1948:1-2). 

Menurut Skinner. Bahwa belajar adalah Suatu prilaku. Pada saat orang belajar maka responnya menjadi lebih baik dan sebaliknya bila tidak belajar responnya menjadi menurun. Menurut Gagne. Belajar adalah seperangkat proses kognitifyang mengubah sifat stimulasi lingkungan, melewati pengolahan imformasi, menjadi kapasitas baru. Menurut kamus umum bahasa Indonesia. Belajar diartikan berusaha (berlatih dan sebagainya) supaya mendapat suatu kepandai 

Dari teori-teori belajar dalam penelitian ini diartikan segala usaha yang diberikan oleh Guru agar mendapat dan mampu menguasai apa yang telah diterimanya dalam hal ini adalah pelajaran matematika pada bangun datar segitiga. Untuk menghindari salah pengertian atau salah tafsir tentang istilah yang digunakan dalam penelitian ini, maka perlu di jelaskan makna beberapa defenisi operasional sebagai berikut: 
  1. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki oleh siswa setelah belajar yang wujudnya berupa kemampuan Kognitif. Derajat kemampuan yang diperoleh siswa diwujudkan dalam bentuk nilai hasil belajar Matematika dengan materi Pecahan dan operasinya. 
  2. Bangun datar merupakan bangun dua dimensi satuan yang digunakan adalah panjang (KM, M, CM, MM) satuan panjang dan luas. 
  3. Segitiga adalah nama suatu bentuk yang dibuat dari tiga sisi yang berupa garis lurus. 
  4. Media kertas berpetak merupakan semua bentuk kertas koordinat yang dipakai dalam menghitung luas satuan petak persegi panjang, didalam gambar persegi panjang digambar 1 segitiga yang membaginya, sehingga akan diperoleh hasil pada persegi panjang menjadi 3 segitiga. 
Jadi yang dimaksud dengan media kertas berpetak pada matari Luas segitiga pelajaran Matematika adalah Upaya guru untuk mengoptimalkan proses pembelajaran Matematika pada materi penurunan rumus segitiga dan mencari luasnya secara holistik, baik aspek Kognitif,Afektif dan Psikomotorik pada siswa kelas IV SD Negeri 173251 Hopong.

No comments:

Post a Comment