Komponen-Komponen Sistem Informasi

            Sistem informasi mempunyai komponen-komponen sebagai berikut:
1.      Blok masukan ( Input Block)
Input mewakili data yang masuk ke dalam sistem informasi. Input ini termasuk metode dan media untuk menangkap data yang akan dimasukkan, yang dapat berupa dokumen-dokumen dasar.
2.      Blok Model (Model Block)
Blok ini terdiri kombinasi prosedur, logika dan model matematika yang akan memanipulasi data input dan data yang tersimpan di basis data dengan cara tertentu untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
3.      Blok Keluaran (Output Block)
Produk dari sistem informasi adalan keluaran yang merupakan informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai.
4.      Blok Teknologi (Technology Block)
Ini digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan data dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan keluaran serta membantu pengendalian sistem secara keseluruhan. Teknologi terdiri dari bagisn utama, yaitu teknisi (humanware  atau brainware), perangkat lunak (software) dan perangkat keras (Hardware).

Blok Basis Data (Database Block)
Merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu sama lain dan tersimpan dalam perangkat keras dan untuk memanipulasinya digunakan perangkat lunak, basis data dimanipulasi dengan menggunakan perangkat lunak yang disebut DBMS (Data Base Management System).
Blok Kendali

Beberapa pengendalian perlu dirancang dan diterapkan untuk meyakinkan bahwa hal yang merusak sistem dapat dicegah atau bila terlanjur teradi kesalahan dapat cepat diatasi.

No comments:

Post a Comment