Pengertian Teori Perilaku

Teori perilaku merupakan seperangkat teori yang menggunakan pengembangan psikologi, psikiatri dan psikologi sosial. Ahli psikologi pertama yang menggunakan ide dalam mempelajari perilaku organisasi adalah Hugo Munsterberg. Munsterberg menyatakan adanya perbedaan perilaku dan sifat pada manusia tetapi yang penting adalah bagaimana dapat memanfaatkan tenaga manusia dalam organisasi. 

Penelitian Hawthorne mendemonstrasikan pentingnya segi psikologi dan fenomena psikologi sosial untuk memahami perilaku dalam organisasi. Ada dua penelitian penting dalam eksperimen Hawthorne. Pertama, penelitian dengan memanipulasi penerangan dalam tempat kerja dan membandingkan dengan kinerja pada tempat kerja yang penerangan tidak diubah. Hasilnya adalah jika penerangan ditingkatkan, maka kinerja karyawan juga meningkat. Jika penerangan diturunkan maka kinerja karyawan tersebut tetap meningkat. Kedua, penelitian menggunakan system upah yang diberikan sesuai dengan yang dikerjakan. 

Penelitian Hawthorne menyimpulkan faktor sosial dan perilaku yang belum diketahui sebelumnya akan mempengaruhi hasil. Penelitian Hawthorne meningkatkan cara berpikir baru tentang pekerja, yang focus pada individu di tempat kerja. Usaha untuk memahami perilaku dalam organisasi gagal untuk mengenali peran dari individu, tetapi teori perilaku berhasil memahami bahwa orang mempunyai kebutuhan yang berbeda dan motivasi ada dalam diri mereka sendiri.

No comments:

Post a Comment