Perancangan Sistem Database

Menurut jogianto H.M dalam bukunya Analisa Sistem Informasi, tujuan dari perancangan database adalah sebagai berikut :

1. Memiliki kemampuan menyipan seluruh data yang berguna dalam database.

2. Meniadakan kerangkapan data (redundancy ).

3. Pengamanan terhadap isi data dan penggunaan data dapat diterapkan.

Model Database

Model database menyatakan hubungan antar rekaman yang tersimpan dalam basis data beberapa literature mengunakan istilah struktur data logis.Database merupakan suatu komponen yang penting dalam sistem informasi, karena basis dalam penyediaan informasi untuk para pemakai.penerapan database dalam sistem informasi disebut database system.sistem database adalah suatu sistem informasi yang mengintegrasi kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya.

a. Pengertian Database

Database (Basis Data) terdiri atas dua kata yaitu “Basis” dan “Data”.Basis dapat diartikan sebagai markas atau gudang tempat berkumpul. Sedangkan data adalah representasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti manusia (pegawai, penduduk, pembeli, penjual) barang ,hewan, peristiwa, konsep, teks, gambar, bunyi atau kombinasi.

Basis data merupakan sekumpulan file atau yang saling berhubungan yang disipan dalam media menyimoan elektronik. Dalam satu file terdapat record-record yang sejenis, sama besar, sama bentuk yang merupakan satu kumulan entity yang beragam. Satu record terdiri dari filed-filed yang saling berhubungan yang menunjukkan bahwa filed tersebut dalam satu pengertian yang lengkap. Adapun hirarki data sebagai berikut :

1. Database 

Kumoulan dari beberapa file data yang saling berhungan satu dengan yang lainnya, yang tersimpan dalam perangkat keras computer dan dugunakan perangkat lunak memanupulasinya.



2. File 

Merupakan kumpulan dari record yang saling terkait dan memiliki format file yang sama dan sejenis.

3. Record

Merupakan kumpulan dari field, yang menggambarkan saatu unit data individunya tertentu.

4. Field

Merupakan atribut dari record yang menunjukkan satu item dari data seperti nama, nim, alamat, dan lain sebagainya.

5. Byte

Merupakan atribut dari field yang merupakan katakter yang saling membentuk nilai dari sebuah field.

6. Bit
Merupakan bagian terkecil dari data secara keseluruhan, yaitu berupa katakter ASCII nol atau satu yang merupakan komponen pembentuk byte.

No comments:

Post a Comment