Jenis-Jenis Penyakit Dalam

Semua jenis penyakit yang terjadi pada tubuh manusia selalu diawali dengan suatu proses, proses terbentuknya kanker memerlukan waktu yang cukup lama, kebanyakan berlangsung selama 15-25 tahun. Karena proses yang berlangsung lama, maka banyak penderita kanker (ketika memeriksa diri ke rumah sakit) baru menyadari bahwa yang di deritanya sudah dinyatakan parah (stadium lanjut) oleh dokter. Hal ini disebabkan karena penderita penyakit kanker tidak mengetahui sebelumnya atau terlambat mengetahuinya. 

Oleh sebab itu masyarakat perlu mengetahui gambaran singkat tentang bagaimana proses terjadinya kanker pada tubuh manusia.  Dengan munculnya berbagai macam benjolan, merupakan suatu tanda proses terbentuknya kanker, antara lain: 

« Kelenjar Getah Bening (KGB) 

Ada beberapa tempat di dalam tubuh manusia yang riskan akan munculnya KGB,antara lain : di belakang telinga, di leher bagian belakang, dan ketiak. Benjolan ini terkadang bisa hilang dengan sendirinya, tapi kadang-kadang juga tidak bisa hilang, bahkan semakin mengeras dan membentuk suatu jaringan tumor yang lambat laun akan berubah menjadi kanker. 

« Terbentuknya Jaringan Kista 

Kista adalah suatu benjolan yang berisi cairan berbentuk gel dan kista ini biasanya muncul di sekitar payudara dan rahim. 

« Terbentuknya Myoma 

Myoma adalah suatu benjolan yang berupa daging atau otot dan biasanya muncul di rahim. 

« Adanya Ganglion / Lipoma 

Ganglion adalah benjolan berada di dalam kulit di luar otot yang biasanya muncul di pergelangan tangan, pundak dan punggung. Contoh diatas adalah bentuk tumor jinak. Tumor jinak tersebut dapat berubah/ tumbuh menjadi tumor ganas atau disebut kanker kakau dibiarkan saja. Keberhasilan penyembuhan kanker sangat tergantung dari stadium atau tingkat kanker pada saat ditemukan/ didiagnosa.  Oleh karena itu, deteksi dini dan pengobatan yang cepat dan tepat oleh para ahli sesuai bidangnya sangat berpengaruh pada keberhasilan pengobatan.  Biasanya, jika pada tubuh penderita terdapat kanker, penderita akan mengalami keluhan-keluhan dan terdapat suatu gejala awal. 

Gejala-Gejala Penyakit Kanker 

1. Gejala Kanker Payudara: 
  • Kulit Payudara mulai bersisik dan mengeras lama- kelamaan akan mengkerut spt kulit jeruk. 
  • Munculnya benjolan disekitar payudara 
  • Lambat laun putting susu akan terlipat kedalam 
  • Puting susu terasa gatal dan muncul benjolan. 
  • Dari putting susu akan keluar cairan spt air susu walau sedang tidak menyusui. 
Untuk Mengetahui secara pasti adanya kanker di payudara sebaiknya melakukan test MAMMOGRAPHY  setiap setahun sekali. Atau dengan cara yang mudah. Yaitu dengan gerakan SADARI (pemeriksaan Payudara Sendiri). 

2. Gejala Kanker Rahim: 
  • Mengalami Menstruasi yg tidak teratur dan sekitar tulang panggul terasa nyeri ketika haid datang. 
  • Mengalami keputihan tidak kunjung sembuh dan berwarna kuning kehijauan. 
  • Bila melakukan hubungan suami istri akan terasa perih di sekitar rahim dan setelah berhubungan biasanya keluar bercak darah. 
  • Lakukan pemeriksaan PAPSMEAR setahun sekali. 

3. Gejala Kanker Prostat: 
  • Pembengkakan buah zakar 
  • Jika buang air kecil dan tidak lancar dan terasa sakit 
  • Sering mengalami kram di bawah pusar 
  • Sering mengalami ngompol tanpa sadar 
Faktor-Faktor Penyebab Kanker 

1. Faktor Genetik (keturunan) 

Seseorang yang mempunyai riwayat kanker, maka kecenderungan dalam keluarga akan terkena kanker lebih besar daripada seseorang yang tidak mempunyai garis keturunan kanker. 

2. Faktor Fisika-Kimia 

· Menonton TV lebih dari jam 11 malam 

· Penggunaan HP >30 menit 

· Penyimpanan HP di saku 

· Asap rokok, Polusi udara, Kosmetik(mercury) 

3. Faktor Makanan 

Faktor yang paling kuat pengaruhnya terhadap kanker, karena banyak yang mengandung KARSINOGEN. Antara lain: 

· Monosudium Glutamat/ MSG (Penyedap Rasa) 

· Natrium Benzoat/ NaBe (Zat Pengawet) 

· Borak, Formalin, Bleng (Zat Pengenyal) 

· Rodamin-B (Pewarna) 

· Sakarin (Pemanis) 

Cara Sehat Menhindari Penyakit Kanker 

1. Mengurangi Karsinogen 

2. Memperbanyak Anti Oksidan 
  • Sayur-mayur : brokoli, sawi, sayur hijau, pare, tomat, wortel 
  • Lauk Pauk: tempe, kedelai,iakn laut segar 
  • Buah-buahan: apel hijau, anggur, pear, melon,semangka. 
3. Olah raga secara teratur 

4. Imunotheraphy atau identik dengan imunisasi. Satu cara untuk menangkal sel kanker dan menggempur sel kanker yang mungkin sudah ada dalam tubuh. Dengan menggunakan tanaman herbal yang mengandung zat RIP (Ribozome In active Protein). Yaitu: 
  • Buah Mengkudu 
  • Bawang putih lanag/ tunggal 
  • Temu Putih (curcuma zedoaria) 
1. Asam Urat 

Asam urat disebabakan kandungan asam urat didalam darah tinggi. Asam urat adalah hasil metabolisme tubuh oleh salah satu unsur protein, zat purin. Dan ginjal adalah organ yang mengatur kestabilan kadarnya dalam tubuh dan akan membawa sisa asam urat ke pembuangan air seni. Namun jika kadar asam urat itu berlebihan, ginjal tidak akan sanggup mengaturnya sehingga kelebihan itu akan menumpuk pada jaringan dan sendi. 

Makanan untuk penderita asam urat: 

· Yang tidak boleh: makanan laut (udng, remis, tiram, kepiting), makanan kaleng (sarden, kornet sapi), berbagai jeroan (hati, ginjal, jantung, otak, paru, usus), buah-buahan tertentu (durian, alpukat, dan es kelapa). 

Bir, wiski, tape, anggur merah, tuak. 

· Makanan yang dibatasi: ikan, daging kambing, daging ayam, daging sapi, tempe, emping, kacang, oncom, brokoli, bayam, kangkung, kol dan tauge. 

· Makanan yang menghambat pengeluaran asam urat: alkohol, menu berlemak, kelaparan (diet). 

· Makanan yang diperbanyak: karbohidrat, buah sirsak, dan air minum. 

Sayuran:
  • Daun bayam, Kangkung, Daun Singkong, Daun Jambu Mete, Asparagus, Buncis dan Kembang Kol. Buah-buahan:
  • Durian, Alpukat, Nanas, AirKelapa  
  • Makanan\lauk pauk : Jeroan seperti hati,ginjal,limpa,babat, usus, paru dan otak- Makanan laut: udang,kerang, cumi, kepiting.- Makanan kaleng: kornet, sarden dan ekstrak daging- Telur- Kaldu atau kuah daging yang kental
  • Kacang-kacangan dan emping melinjo : Kacang Tanah, Kacang Hijau, Kacang Kedelai, Tempe, Tauco, Tauge, Oncom, Susu Kedelai. Kopi, teh dan coklat aman untuk penderita asam urat. 
Saat anda merasakan sakit asam urat, untuk tidak memijatnya. Karena kristal urat yang tersangkut di sendi menyerupai jarum-jarum halus. Bila sendi yang ada kristal uratnya dipijat berarti secara mekanis jarum-jarum kristal tersebut akan lebih keras menusuk permukaan sendi. 

2. Rematik 

Ciri-ciri yang mengalami rematik: 

Terasa nyeri di daerah persendian, pembengkakan, kemerahan, gangguan fungsi sendi, dan jaringan sekitarnya. Bahkan gangguan pada daerah sendi, otot, dan tendon. Rematik terdiri dari 4 macam. Yaitu Osteoarthritis yang disebabkan oleh pengapuran. Sekitar 50% keluhan nyeri sendi disebabkan oleh pengapuran. Rematik luar sendi yang menyerang jaringan di luar tulang rawan. Rematik peradangan dan Rematik yang disebabkan oleh pengeroposan. 

Makanan yang dianjurkan bagi penderita rematik: 
  1. Ikan yang sarat lemak sehat, omega-3 seperti salmon, halibut, tuna dan ikan kalengan (sarden). 
  2. Bila iakn dimasak dengan bumbu jahe, manfaat yang didapat bias dua kali lipat. 
  3. Jahe bersifat anti radang (antiinflamation). Jadi sebaiknya penderita rematik harus rutin meminum segelas teh jahe. 
  4. Ramuan tradisionsl rematik: sebanyak 5lembar daun singkong, 15 gram jahe merah, dan kapur sirih secukupnya dihaluskan dan ditambah air secukupnya. Setelah diaduk, ramuan dioleskan pada bagian tubuh yang sakit. 
3. Darah Tinggi 

Adalah suatu keadaan dimana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah di atas normal. Nilai normal tekanan darah seseorang dengan ukuran tinggi badan, tingkat aktifitas normal dan kesehatan secara umum adalah 120/80 mmHG. Hipertensi ada dua: 

Hipertensi primary: suatu kondisi dimana terjadinya tekanan darah tinggi sebagai akibat dampak dari gaya hidup seseorang dan factor lingkungan, seseorang yang pola makannya tidak tercontrol dan mengakibatkan kelebihan berat.badan atau bahkan obesitas, merpakan pencetus awal untuk terkena penyakit darah tinggi. Begitu pula yang beradadalam lingkungan atau kondisi stressor tinggi. Dan orang2 yang kurang berolahraga. 

Hipertensi sekunder 

Bagi penderita hipertensi dianjurkan untuk mengkonsumsi beberapa makanan berikut: 
  1. Buah-buahan 
  2. Sayur. Sayur yang dapat digunakan untuk pencegahan hipertensi ini seperti seledri, bawang dan sayur hijau lainnya 
  3. Serat. Seperti Sayur, buah, padi-padian, kacang-kacangan, dan biji-bijian. 
  4. Karbohidrat jenis kompleks seperti nasi, pasta, kentang, roti. 
  5. Vitamin dan mineral 
  6. Teh 
Selain makanan-makanan yang dianjurkan, dalam usaha menerapkan pola hidup sehat, juga ada beberapa makana yang harus dihindari atau dibatasi, antara lain: 
  1. Makanan yang berkadar lemak jenuh tinggi (otak, ginjal, paru-paru, minyak kelapa, gajih, dll) 
  2. Makanan yang diolah menggunakan garam natrium, misalnya biscuit, cracer, keripik dan makanan kering yang asin. 
  3. Makanan atau minuman kaleng, contohnya adalah sarden, sosi, korned, soft drink dll. Hal ini dikarenakan makanan-makanan tersebut5 umumnya mengandung pengawet yang tidak baik bagi kesehatan. 
  4. Makanan yang diawetka (dendeng, asinan, ikan asin, telur asin, selai kacang, pindang dll) 
  5. Susu full cream, mentega, margarin, keju mayonise, serta sumber protein hewani yang mengandung banyak kpolesterol, seperti daging merah (baik sapi apalagi kambing), kuning telur, dan kulit ayam. 
  6. Penyedap makanan. 
  7. Alkohol serta makanan yang mengandung alkohol 
Hidup di jaman serba cepat dan serba instan membuat kita melakukan segalanya dengan cepat dan instant pula, termasuk untuk urusan perut alias makanan. Sesekali makan ‘sampah’ sih boleh-boleh saja, tapi ada baiknya jika kita mengimbanginya dengan makanan-makanan yang menyehatkan, apalagi jika makanan tersebut mampu memperlambat proses penuaan, meningkatkan daya tahan tubuh, melawan efek polusi, mencegah kanker, dan mengurangi resiko penyakit jantung dan osteoporosis.
Ada 10 jenis makanan yang bisa membantu Anda mendapatkan efek-efek hebat tersebut di atas. 

Mengkonsumsi beras merah. Beras merah adalah sumber protein yang baik, sumber mineral seperti selenium yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, dan sumber vitamin B yang dapat menyehatkan sel-sel syaraf dan system pencernaan. Beras merah juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat mencegah konstipasi. Jeruk adalah buah yang kaya akan vitamin C, beta karoten dan bioflavonoid yang keseluruhannya bersifat antioksidan. Vitamin C penting untuk daya tahan tubuh terhadap infeksi, dan bersama dengan flavonoid dapat meningkatkan absorpsi zat besi dalam tubuh. Jeruk juga dapat mencegah transformasi nitrat. 
Aprikot juga memiliki beta karoten dan vitamin C, yaitu antioksidan yang mampu menyapu bersih radikal bebas dalam tubuh. Apricot segar adalah salah satu sumber betakaroten terbaik. Beta karoten adalah antioksidan yang berhubungan erat dengan rendahnya resiko katarak, stroke, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker. 

Brokoli, seperti halnya sayuran berwarna hijau tua lainnya, kaya akan kalsium, dan juga memiliki sifat anti-kanker karena kandungan beta-karoten, vitamin C dan seratnya. Studi di Amerika mengungkapkan bahwa orang-orang yang rutin mengkonsumsi brokoli tiap hari memiliki resiko kanker paru-paru lebih rendah. 
Ikan salmon adalah sumber protein yang sangat baik dan mengandung vitamin B dalam jumlah yang besar, yang dapat melindungi tubuh dari resiko anemia. 

Kacang ginjal atau kidney bean adalah sumber protein yang rendah lemak, dan juga mengandung serat khsusu yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Suatu penelitian mengungkapkan bahwa apabila kacang ginjal ditambahkan pada pola makan orang-orang dengan kadar lemak dan kolesterol yang tinggi dalam darah, ternyata kadar kolesterol dan lemaknya menurun. Sifat penurun kolesterol dan lemak dari kacang ini kemungkinan berasal dari kandungan protein dan seratnya. 

Oat. Sumber karbohidrat yang rendah lemak ini menghasilkan energi yang dilepaskan secara perlahan, juga mengandung.serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Penambahan oat ke menu makanan sebanyak 30-40 gram sehari, digabung dengan menu diet rendah lemak, dapat mengurangi kadar kolesterol sampai dengan sembilan persen. Oat juga menjadi sumber karbohidrat yang baik untuk para penderita diabetes. Walnut. Kaya akan minyak tak jenuh yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Minyak Zaitun Apel 

Makanan yang baik untuk mengurangi resiko penyakit kanker : 
  1. Sayuran kubis-kubisan seperti brokoli, kol, dan kembang kol mengandung senyawa fitokimia yang bersifat antikanker 
  2. Diallyl sulfide dalam bawang putih Tunggal 
  3. Likopen dalam tomat 
  4. Polifenol dalam teh hijau 
  5. Revesratrol dalam anggur 
  6. Kurkumin dalam kunyit 
  7. Beberapa vitamin dan mineral seperti vitamin A (dalam bentuk betakaroten), B12, asam folat, C, D, E, dan mineral selenium 
  8. Ikan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti tuna dan salmon, serta daging ayam tanpa kulit 
  9. Polifenol dalam teh hijau 
  10. Isoflavon dalam kedelai 
  11. Beta-karotin (wortel) 
Tips Menyusun Menu Untuk Kesehatan Jantung 
  1. Kebutuhan kalori disesuaikan dengan berat badan, usia dan kegiatan sehari-hari. 
  2. Bagi yang kegemukan, pemakaian minyak bisa dikurangi, misalnya unutk makanan yang seharusnya digoreng cukup ditumis. 
  3. Pilihlah daging atau ayam yang tidak berlemak atau dibersihkan dulu dari lemaknya ( misalnya dengan membuang kulit ayam untuk menghilangkan lemak. 
  4. Bagi penderita tekanan darah tinggi, kurangi penggunaan garam dari yang tercantum dalam resep makanan untuk orang normal. Hindari makanan yang diproses seperti ikan asin, courned beef, sosis dan lain-lain. 5. Sebaiknya banyak makan sayuran, dihidangkan dalam keadaan mentah berupa lalapan atau salad. 
  5. Pemakaian santan untuk pembuatan kue dapat dikurangi atau menggantikan santan dengan susu dicampur minyak non kolesterol. Untuk masakan, santan bisa diganti dengan kemiri. 
  6. Untuk lauk-pauk utamakan tahu, tempe, ikan dan yama. Batasi makan daging, kuning telur (putih telur bebas pemakaiannya). Hindari otak, jerihan, hati, butter dan lain-lain. 
  7. Bagi penderita diabetes, perlu diperhitungkan kembali kalorinya dan pemakaian gula bisa diganti dengan gula buatan. 
  8. Sebagai dessert, makananlah buah-buahan segar. Makan Pagi

No comments:

Post a Comment