Pengertian Organisasi

Organisasi berasal dari kata organon dalam bahasa Yunani yang berarti alat. Berikut adalah pengertian organisasi menurut para ahli. 

a. Oliver Sheldon ( 1923 ) 

Organisasi adalah proses penggabungan pekerjaan yang para individu atau kelompok-kelompok harus melakukan dengan bakat-bakat yang diperlukan untuk melakukan tugas-tugas sedemikian rupa, memberikan saluran terbaik untuk pemakaian yang efisien, sistematis, positif, dan terkoordinasi dari usaha yang tersedia. 

b. Dexter Kimball & Dexter Kimball ( 1947) 

Organisasi merupakan bantuan bagi manajemen. Ini mencakup kewajiban-kewajiban merancang satuan-satuan organisasi dan pejabat yang harus melakukan pekerjaan, menentukan fungsi-fungsi mereka dan merinci hubungan-hubungan yang harus ada diantara satuan-satuan dan orang-orang. Organisasi sebagai suatu aktivitas, sesungguhnya adalah cara kerja manajemen. 

c. J.William Schulze (1949) 

Organisasi adalah penggabungan dari orang-orang, benda-benda, alat-alat perlengkapan, ruang kerja dan segala sesuatu yang bertalian dengannya , yang dihimpun dalam hubungan yang teratur dan efektif untuk mencapai tujuan yang diinginkan. 

d. James D. Money 

Organisasi adalah sebagai bentuk setiap perserikatan orang-orang untuk mencapai suatu tujuan bersama, dan menurut Hebert A. Simon organisasi adalah sebagai pola komunikasi yang lengkap dan hubungan-hubungan lain di dalam suatu kelompok orang-orang. 

Dari definisi beberapa tokoh diatas dapat disimpulkan bahwa organisasi adalah suatu sistem yang saling pengaruh antar anggota dalam kelompok yang bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu. Dan dari beberapa definisi tersebut secara umum dapat dikemukakan bahwa unsur-unsur dasar daripada organisasi adalah: 

1. Adanya dua orang atau lebih. 

2. Adanya maksud untuk kerja sama. 

3. Adanya pengaturan hubungan. 

4. Adanya tujuan yang hendak dicapai.

No comments:

Post a Comment