Perusahaan menghadapi
persaingan yang cukup ketat dari pesaing utamanya yaitu
PT.
Citra
Mandiri
Kencana
yang
mengimpor
pakan
ikan
kemudian dikemas di Indonesia dengan
merek Beauty. PT Citra Mandiri merupakan pesaing yang cukup kuat karena keberadaannya sudah lebih lama dibandingkan PT Central Proteinaprima dan sudah lebih dikenal oleh
konsumen. Dalam menghadapi persaingannya PT. Central Proteinaprima telah melakukan program pemasaran
berupa promosi untuk meningkatkan Brand Awareness dan
berupaya untuk meningkatkan agar produk
selalu tersedia dipasar. Hal ini dimaksudkan
agar perusahan dapat bertahan dalam industri
dan memenangkan persaingan dalam industri,
terutama dalam menghadapi pesaing utama yaitu PT. Citra Mandiri Kencana.
Ancaman
pendatang baru
PT.
Central Proteinaprima juga menghadapi persaingan dengan pendatang baru yang memasuki
industri, yaitu PT. Japfa Comfeed Indonesia dengan merek
Hokky, ancaman ini bersifat kuat karena sebagai pendatang baru PT Japfa Comfeed Indonesia
sudah memiliki image yang baik
di masyarakat, dan yang kedua adalah PT Matahari Sakti dengan merek Asahi. Ancaman ini bersifat lemah karena PT Matahari
Sakti mengalami rintangan
masuk yang cukup besar dari perusahaan-perusahaan yang sudah
mapan dalam industri ini. Umumnya, perusahaan yang telah ada di industri
ini adalah perusahaan besar yang telahmengefisiensikan proses produksinya dan telah
mendapatkan respon yang baik dari konsumen. Keadaan ini membuat PT Matahari Sakti
sulit untuk merebut pangsa pasar dari perusahaan-perusahaan tersebut.
Ancaman
produk pengganti
TAKARI memiliki
produk subsitusi berupa pakan ikan
alami antara lain Cacing, udang. Ancaman produk substitusi bersifat kuat karena produk substitusi yang tersedia di pasaran cukup banyak dan mudah diperoleh
sehingga tersedia banyak pilihan bagi konsumen yang memungkinkan mereka untuk berpindah. Selain itu pakan alami harganya
jauh lebih murah dibandingkan pakan pabrikan.
Kekuatan
daya tawar pemasok
Bahan baku utama (jagung, soybean, spirulina,
vitamin) dari intern
perusahaan. Sedangkan kemasan yang
mereka gunakan diperoleh dari pihak
luar perusahaan. Daya tawar dari
pemasok kemasan bersifat lemah karena industri kemasan saat ini permintaannya masih belum menunjukkan trend yang membaik.
No comments:
Post a Comment