Persaingan dalam industri



Perusahaan menghadapi persaingan yang cukup ketat dari pesaing utamanya  yaitu  PT.  Citra  Mandiri  Kencana  yang  mengimpor  pakan  ikan kemudian dikemas di Indonesia dengan merek Beauty. PT Citra Mandiri merupakan pesaing yang cukup kuat karena keberadaannya sudah lebih lama dibandingkan PT Central Proteinaprima dan sudah lebih dikenal oleh konsumen. Dalam menghadapi persaingannya PT. Central Proteinaprima telah melakukan program pemasaran berupa promosi untuk meningkatkan Brand Awareness dan berupaya untuk meningkatkan agar produk selalu tersedia dipasar. Hal ini dimaksudkan agar perusahan dapat bertahan dalam industri dan memenangkan persaingan dalam industri, terutama dalam menghadapi pesaing utama yaitu PT. Citra Mandiri Kencana.

Ancaman pendatang baru
PT. Central Proteinaprima juga menghadapi persaingan dengan pendatang baru yang memasuki industri, yaitu PT. Japfa Comfeed Indonesia dengan merek Hokky, ancaman ini bersifat kuat karena sebagai pendatang baru PT Japfa Comfeed Indonesia sudah memiliki image yang baik di masyarakat, dan yang kedua adalah PT Matahari Sakti dengan merek Asahi. Ancaman ini bersifat lemah karena PT Matahari Sakti mengalami rintangan masuk yang cukup besar dari perusahaan-perusahaan yang sudah mapan dalam industri ini. Umumnya, perusahaan yang telah ada di industri ini adalah perusahaan besar yang telahmengefisiensikan proses produksinya dan telah mendapatkan respon yang baik dari konsumen. Keadaan ini membuat PT Matahari Sakti sulit untuk merebut pangsa pasar dari perusahaan-perusahaan tersebut.
Ancaman produk pengganti
TAKARI memiliki produk subsitusi berupa pakan ikan alami antara lain Cacing, udang. Ancaman produk substitusi bersifat kuat karena produk substitusi yang tersedia di pasaran cukup banyak dan mudah diperoleh sehingga tersedia banyak pilihan bagi konsumen yang memungkinkan mereka untuk berpindah. Selain itu pakan alami harganya jauh lebih murah dibandingkan pakan pabrikan.
Kekuatan daya tawar pemasok
Bahan baku utama (jagung, soybean, spirulina, vitamin) dari intern perusahaan. Sedangkan kemasan yang mereka gunakan diperoleh dari pihak luar perusahaan. Daya tawar dari pemasok kemasan bersifat lemah karena industri kemasan saat ini permintaannya masih belum menunjukkan trend yang membaik.

No comments:

Post a Comment