Siklus Proses Transakasi Sistem Informasi Akuntansi


Menurut Romney (2000, p23) siklus proses transaksi sistem informasi akuntansi yaitu :
1.   Siklus Pendapatan (Revenue Cycle)
Siklus ini terdiri dari aktivitas dalam penjualan barang dan jasa dan mengumpulkan pembayaran untuk penjualan tersebut.
2.   Siklus Pengeluaran/Pembayaran (Expenditure Cycle)
Siklus ini terdiri dari aktivitas dalam pembelian dan pembayaran untuk barang dan jasa yang digunakan dalam suatu organisasi.
3.    Siklus Sumber Daya Manusia (Human Resources (Payroll) Cycle) Siklus ini terdiri dari
aktivitas perekrutan dan pembayaran gaji.
4.   Siklus Produksi (Production Cycle)
     Siklus ini terdiri dari aktivitas yang melibatkan pembuatan bahan mentah ke dalam barang jadi.
5.   Siklus Finansial (Financing Cycle)
Siklus ini terdiri dari aktivitas dalam penggunaan dana yang diperlukan untuk menjalankan organisasi dan pembayaran kreditur serta pendistribusian keuntungan kepada investor.

Jusuf (2000, p6), siklus proses transaksi operasional dapat dikelompokan sesuai dengan empat siklus aktivitas bisnis, yaitu :
1.   Siklus Pendapatan (Revenue Cycle)
Kejadian-kejadian yang berkaitan dengan pendistribusian barang dan jasa ke entitas-entitas lain dan pengumpulan pembayaran-pembayaran yang berkaitan.
2.   Siklus Pengeluaran (Expenditure Cycle)
Kejadian-kejadian yang berkaitan dengan perolehan barang dan jasa dari entitas-entitas lain dan pelunasan kewajiban-kewajiban yang berkaitan.
3.   Siklus Produksi (Production Cycle)
Kejadian-kejadian yang berkaitan dengan pengubahan sumber daya menjadi barang dan jasa.
4.   Siklus Keuangan (Finance Cycle)
Kejadian-kejadian yang berkaitan dengan perolehan dan manajemen dana-dana modal, termasuk kas. Sedangkan  menurut  Wilkinson  (2001,  PP45-46).

Siklus dalam Sistem Informasi Akuntansi terdiri dari :
1.      Siklus  Transaksi  (Transaction  Cycle)  yaitu  tahap  pengelompokkan transaksi bisnis ke dalam proses sequence.
2.      Siklus Jurnal Umum dan Pelaporan Keuangan (General Ledger and Financial  Reporting  Cycle)  yaitu  tahap  penjurnalan     transaksi keuangan yang terjadi kemungkinan diproses hingga menghasilkan laporan keuangan pada akhir periode.
3.      Siklus Pendapatan (Revenue Cycle) yaitu pengumpulan pendapatan suatu perusahaan baik itu yang berasal dari penerimaan penjualan dan lain-lain.
4.      Siklus Expenditure (Expenditure Cyle) yaitu terdiri dari transaksi pembelian dan pengeluaran kas yang biasanya digunakan untuk pembelian bahan baku atau persediaan perusahaan.
5.      Siklus Manajemen Sumber Daya (Resources Management Cyle) yaitu meliputi  keseluruhan  aktivitas  yang  berhubungan  dengan  sumber daya fisik (physical resources) dari suatu perusahaan yang biayanya berupa dana investasi, fixed assets, inventory, dan pembayaran gaji karyawan.

No comments:

Post a Comment