Peranan UMKM bagi Bank dalam Perekonomian


Bank memegang peran sebagai penyedia kebutuhan uang seiring dengan peningkatan kebutuhan masyarakat. Kebutuhan akan uang berbanding lurus dengan peningkatan pemenuhan kebutuhan masyarakat. Perusahaan besar adalah konektor kegiatan ekonomi lokal dengan ekonomi global. Keberadaan perusahaan besar sebagai konektor dengan sendirinya mentransmisikan kegiatan produksi, konsumsi dan distribusi menjadi bentuk baru yang disebut itegrasi ekonomi global.

Gambar  Sirkulasi Bisnis UMKM dengan Bank dan Pengaruhnya terhadap Perekonomian

Keseimbangan porsi kegiatan ekonomi lokal yang dimotori oleh usaha kecil dan menengah dan ekonomi global yang dimotori oleh perusahaan besar sangat penting untuk menjaga stabilitas eknomi. Ketidakseimbangan pertumbuhan, jumlah uang dan kegiatan bisnis kedua kegiatan ekonomi diatas akan menjadi gap yang akan menimbulkan lack of capital sehingga pada saat ekonomi lokal tidak bisa menopang kegiatan ekonomi global atau sebaliknya perekonomian akan mengalami penyesuaian yang biasa disebut dengan depresi ekonomi.

Dalam struktur ekonomi bank mempunyai peranan vital. Selain mendistribusikan modal bank juga sebagai economic guard berjalannya laju perputaran ekonomi. Di era globalisasi seperti sekarang sangat tepat jika sebuah bank terjun ke segmen usaha kecil dan menengah untuk mengurangi risiko atas kegiatan ekonomi global.

No comments:

Post a Comment