Peran UMKM dalam Ekonomi Lokal


Sebelum terjun ke segmen UMKM bank harus memahami perputaran ekonomi lokal. Hal ini dikarenakan ketika bank terjun ke segmen UMKM berarti bank masuk ke dalam perputaran ekonomi lokal suatu daerah yang perilaku dan karakternya berbeda dengan industri besar.

Dalam lingkup perekonomian usaha kecil dan menengah merupakan sektor yang menggerakan kegiatan ekonomi lokal. Pergerakan ekonomi lokal dimotori usaha kecil dan menengah. Sebagai titik sirkulasi kegiatan ekonomi usaha kecil dan menengah mampu menjaga tingkat daya beli masyarakat. Sirkulasi ekonomi yang dimulai dari produksi, distribusi dan konsumsi yang bersifat lokal menghasilkan pendapatan dasar masyarakat. Proses ini dapat dilakukan dengan pertukaran sumber daya alam murni maupun melalui proses produksi untuk menghasilkan nilai tambah suatu barang.

Kemampuan perputaran ekonomi lokal tergantung pada seberapa jauh kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi oleh aktivitas ekonomi tersebut. Dengan mendasarkan pemenuhan kebutuhan yang dapat dipenuhi dengan aktivitas ekonomi berarti kekuatan ekonomi lokal terletak pada sumber daya alam dan pengelolaannya. Ketika kebutuhan dasar (makan minum pakaian dan perumahan) terpenuhi kebutuhan yang bersifat physical (hiburan, kenyamanan, prestis) menjadi kebutuhan baru. Setelah kebutuhan baru terpenuhi akan muncul keinginan baru yang harus dipenuhi juga. Perputaran ekonomi lokal tidak dapat memenuhi semua kebutuhan dan keinginan masyarakat yang terus bertambah. Untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan tersebut ekonomi lokal harus berinteraksi dengan otoritas ekonomi lokal lainnya sehingga tercipta koneksi yang membentuk perputaran ekonomi global.

Perputaran ekonomi lokal terbentuk atas dasar pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat. Oleh karena itu bentuk kegiatan pada ekonomi lokal didominasi oleh pertukaran barang atau kegiatan usaha perdagangan. Jadi terbentuknya usaha kecil dan menengah dimulai dari pemenuhan atas kebutuhan dasar masyarakat dengan melakukan kegiatan pertukaran barang dan jasa. Peran sentral usaha kecil dan menengah dalam ekonomi lokal adalah pemenuhan atas kebutuhan dasar yang menghasilkan pendapatan dan konsumsi dasar masyarakat.

No comments:

Post a Comment