Pengertian kinerja



 Kinerja adalah sebuah kata dalam bahasa Indonesia dari kata dasar "kerja" yang menterjemahkan kata dari bahasa asing prestasi. Berikut merupakan pengertian kinerja menurut pandangan beberapa ahli :

    Menurut Ambar Teguh Sulistiyaningsih (2003, p223) " Kinerja merupakan kombinasi dari kemampuan, usaha dan kesempatan yang dapat dinilai dari hasil kerjanya."

    Menurut Anwar Prabu Mangkunegara (2000, p67), " Kinerja adalah hasil kerja secara kualitas yang dicapai oleh seorang karyawan dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikannya."

    Menurut Febryani (2003, p42) " Kinerja merupakan hal penting yang harus dicapai oleh setiap perusahaan dimanapun, karena kinerja merupakan cerminan dari kemampuan perusahaan dalam mengelola dan mengalokasikan sumber dayanya."

    Menurut  Judith  Gordon  (Nawawi,  2006,  p65)  "  Kinerja  adalah  suatu  fungsi kemampuan pekerja dalam menerima tujuan pekerjaan, tingkat pencapaian tujuan dan interaksi antara tujuan dan kemampuan pekerja."

    Menurut Maluyu S.P. Hasibuan (2003, p94) " Kinerja adalah suatu hasil kerja yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya yang didasarkan atas kecakapan, pengalaman dan kesungguhan serta waktu."

    Menurut Mangkuprawira (2007), " Kinerja adalah hasil atau tingkat keberhasilan seseorang secara keseluruhann selama periode tertentu di dalam melaksanakan tugas  dibandingkan  dengan  berbagai  kemungkinan,  seperti  standar  hasil  kerja, target atau sasaran atau kriteria yang telah ditentukan terlebih dahulu dan telah disepakati bersama."

    Menurut  Veithzal  Rivai  (2006,  p309),  "  Kinerja  merupakan  perilaku  nyata  yang ditampilkan setiap orang sebagai prestasi kerja yang dihasilkan oleh karyawan sesuai dengan       perannya  dalam   perusahaan."

    Menurut Widodo ( Meningkatkan Kinerja pemasaran, 2008), " Kinerja merupakan indikator-indikator keberhasilan kerja atau prestasi kerja sesungguhnya yang dicapai seseorang atau organisasi karena melaksanakan tugasnya dengan baik."

    Menurut Ceacilia Srimindarti ( Balanced Scorecard Sebagai Alternatif Untuk Mengukur Kinerja, 2004) " Kinerja merupakan suatu istilah secara umum yang digunakan untuk sebagian  atau seluruh tindakan atau aktivitas dari suatu organisasi pada suatu periode dengan refrensi pada sejumlah standar seperti biaya-biaya masa lalu atau yang diproyeksikan, dengan dasar efisiensi, pertanggungjawaban atau akuntabilitas manajemen dan semacamnya. Disini kinerja diukur untuk menekan perilaku yang tidak   semestinya   dan   untuk   merangsang   serta   menegakkan   perilaku   yang semestinya diinginkan, melalui umpan balik hasil kinerja pada waktunya serta pemberian penghargaan, baik bersifat intrinsik maupun ekstrinsik.

Berdasarkan uraian diatas penulis dapat menyimpulkan bahwa Kinerja adalah hasil yang dapat dicapai seseorang atau sekelompok orang dalam suatu perusahaan, sesuai dengan wewenang dan tanggung jawab masing-masing dalam mencapai tujuan perusahaan.

Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Kinerja


Menurut Nawawi (2003,p65), faktor yang mempengaruhi kinerja merupakan gabungan dari tiga faktor, yaitu yang meliputi :

    Pengetahuan


Berhubungan  dengan  pekerjaan  yang  menjadi  tanggung  jawab  dalam  bekerja. Dalam faktor ini mencakup jenis dan jenjang pendidikan serta pelatihan yang pernah diikuti di bidangnya.

    Pengalaman


Memiliki pengalaman yang tidak sekedar saja, melainkan memiliki jumlah waktu atau lamanya dalam bekerja, tetapi berkenaan juga dengan substansi yang dikerjakan yang jika dilaksanakan dalam waktu yang cukup lama akan meningkatkan kemampuan dalam mengerjakan suatu bidang tertentu.

    Kepribadian


Kondisi didalam diri seseorang dalam menghadapi bidang pekerjaannya, seperti minat, bakat, kemampuan bekerjasama, ketekunan, kejujuran dan sikap terhadap pelanggan.
Menurut Mathis, Robert L. dan Jackson, John H. (2002, p82), faktor -faktor yang mempengaruhi kinerja individu tenaga kerja yaitu :

    Kemampuan mereka ( individual )


    Motivasi


    Dukungan yang diterima


    Keberadaan pekerjaan yang mereka lakukan


    Hubungan mereka dengan organisasi

No comments:

Post a Comment