Potensi UMKM bagi Perbankan


Selama ini perbankan hanya bertumpu pada industri besar baik dalam penyaluran kredit maupun dalam akuisisi dana pihak ketiga. Konsekuensi perilaku perbankan diatas adalah dana pihak ketiga maupun penyaluran kredit terkonsentrasi pada industri atau perusahaan tertentu. Dana yang diperoleh bank menjadi mahal ketika akuisisi DPK terkonsentrasi pada suatu kelompok nasabah atau debitur. Bank harus membutuhkan dana yang besar dan pemantauan ekstra untuk meminimalisir risiko likuiditas mengingat keadan ekonomi global sangat berpengaruh terhadap industri besar.

Seperti yang terjadi sekarang, bank mengalami kesulitan likuiditas sebagai dampak dari krisis finansial global. Dampak krisis finansial global terhadap industri besar terasa pada penurunan permintaan dari luar negeri yang terus menurun. Pada titik tertentu dimana pendapatan perusahaan tidak bisa menutup biaya produksi maka pembayaran utang pada bank akan tertunda. Kejadian tersebut akan menaikan NPL, mengurangi laba, dan meningkatkan risiko likuiditas bank. Untuk meminimalisir risiko bank harus memecah portofolio kredit maupun kolektibilitas dana pihak ketiga. Usaha kecil dan menengah adalah solusi atas peningkatan risiko bank sebagai dampak dari globalisasi ekonomi.
Dilihat dari PDB tahun 2005 sampai 2007 usaha kecil dan menengah berkontribusi besar dalam struktur PDB. Usaha kecil dan menengah secara berkontribusi sebesar 3,33% untuk tahun 2005, 3,21% untuk tahun 2006 dan 3,57% untuk tahun 2007.

Perkembangan Indikator Makro UKM Tahun 2008, Berita Resmi Statistik, BPS.

Gambar : Sumber Pertumbuhan Ekonomi 2005 - 2007

Pada tahun 2006 usaha kecil dan menengah berkontribusi 3,21% dari PDB nasional yang besarnya 5,51%. Sedangkan pada tahun 2007 usaha kecil dan menengah berkontribusi 3,57% dari PDB nasional yang besarnya 6,32%. Data diatas menunjukkan walaupun akselerasi pertumbuhan kelompok usaha kecil dan usaha besar pada umumnya tidak secepat usaha menengah, namun dengan peranannya yang cukup besar dalam penciptaan nilai tambah nasional sumbangan kedua kelompok usaha ini terhadap laju pertumbuhan ekonomi menjadi cukup signifikan peranannya.

No comments:

Post a Comment