Menurut Hendarawan (2000:138), masalah - masalah yang dihadapi
sektor usaha kecil antara lain :
1.
Pemasaran
Pengusaha kecil banyak yang kurang memiliki daya saing jika
berhadapan dengan usaha besar, adanya persaingan tidak sehat diantara jenis
usaha dan kurangnya informasi pemasaran produk.
2.
Permodalan
Masalah dari permodalan antara lain: suku bunga kredit yang
tinggi, kurangnya informasi sumber pembiayaan dari lembaga keuangan non Bank,
sistem dari lembaga keuangan yang rumit dan memakan waktu yang relatif lama.
2. Bahan
baku
Penyaluran bahan baku yang kurang memadai dan harga bahan
baku yang relatif tinggi dapat menyebabkan rendahnya tingkat kualitas bahan
baku dari suatu produk.
3.
Teknologi
Tenaga kerja yang ahli dan terampil didalam bidangnya sedikit
akses informasi dan teknologi yang tidak merata pada segala bidang dan kurang
nya peralatan teknologi yang memadai serta kurangnya perhatian pemerintah
terhadap perkembangan terhadap perkembangan teknologi yang ada saaat ini.
4.
Manajemen
Usaha kecil banyak yang tidak memiliki manajemen yang baik,
usaha kecil tidak dapat membuat pembukuan keuangan yang teratur serta kemampuan
mengorganisasi diri dan karyawan yang masih lemah, untuk itu dibutuhkan
pelatihan manajemen.
5.
Birokrasi
Usaha kecil yang berbadan hukum masih sedikit di sebabkan
proses birokrasinya cukup sulit dan membutuhkan dana yang cukup besar serta
jangka waktu yang cukup lama.
6.
Kemitraan
Kemitraan usaha kecil dan usaha besar belum memiliki manfaat
yang cukup berarti bagi kemajuan sektor usaha kecil, demikian dalam hal
transfer ilmu manajemen dan teknologi yang kurang dimaksimalkan usaha kecil.
7.
Peraturan
Peraturan - peraturan yang berkaitan dan berhubungan dengan pengembangan
bisnis secara umum juga memiliki dampak terhadap pengembangan usaha kecil, hal
ini tentu berkaitan dengan kebijakan oleh pemerintah dalam rangka memajukan
sektor usaha kecil.
8. Masalah
internal perusahaan
Pengembangan usaha kecil dicirikan dengan lemahnya kondisi
internal yaitu, lemahnya penguasaan teknologi, manajemen yang sederhana,
lemahnya jaringan datribusi pemasaran serta sifat ketergantungan yang kuat.
9. Masalah
desain
Salah satu kelemahan usaha kecil adalah usaha kecil masih
memiliki desain yang terkesan lemah dan sederhana, masih melakukan peniruan
desain serta kurang memiliki kemampuan untuk menguasai teknologi dalam bidang
desain.
No comments:
Post a Comment