Masalah-Masalah Yang Dihadapi Usaha Kecil




Menurut Hendarawan (2000:138), masalah - masalah yang dihadapi sektor usaha kecil antara lain :
1. Pemasaran
Pengusaha kecil banyak yang kurang memiliki daya saing jika berhadapan dengan usaha besar, adanya persaingan tidak sehat diantara jenis usaha dan kurangnya informasi pemasaran produk.
2. Permodalan
Masalah dari permodalan antara lain: suku bunga kredit yang tinggi, kurangnya informasi sumber pembiayaan dari lembaga keuangan non Bank, sistem dari lembaga keuangan yang rumit dan memakan waktu yang relatif lama.
2. Bahan baku
Penyaluran bahan baku yang kurang memadai dan harga bahan baku yang relatif tinggi dapat menyebabkan rendahnya tingkat kualitas bahan baku dari suatu produk.
3. Teknologi
Tenaga kerja yang ahli dan terampil didalam bidangnya sedikit akses informasi dan teknologi yang tidak merata pada segala bidang dan kurang nya peralatan teknologi yang memadai serta kurangnya perhatian pemerintah terhadap perkembangan terhadap perkembangan teknologi yang ada saaat ini.
4. Manajemen
Usaha kecil banyak yang tidak memiliki manajemen yang baik, usaha kecil tidak dapat membuat pembukuan keuangan yang teratur serta kemampuan mengorganisasi diri dan karyawan yang masih lemah, untuk itu dibutuhkan pelatihan manajemen.
5. Birokrasi
Usaha kecil yang berbadan hukum masih sedikit di sebabkan proses birokrasinya cukup sulit dan membutuhkan dana yang cukup besar serta jangka waktu yang cukup lama.

6. Kemitraan
Kemitraan usaha kecil dan usaha besar belum memiliki manfaat yang cukup berarti bagi kemajuan sektor usaha kecil, demikian dalam hal transfer ilmu manajemen dan teknologi yang kurang dimaksimalkan usaha kecil.
7. Peraturan
Peraturan - peraturan yang berkaitan dan berhubungan dengan pengembangan bisnis secara umum juga memiliki dampak terhadap pengembangan usaha kecil, hal ini tentu berkaitan dengan kebijakan oleh pemerintah dalam rangka memajukan sektor usaha kecil.
8. Masalah internal perusahaan
Pengembangan usaha kecil dicirikan dengan lemahnya kondisi internal yaitu, lemahnya penguasaan teknologi, manajemen yang sederhana, lemahnya jaringan datribusi pemasaran serta sifat ketergantungan yang kuat.
9. Masalah desain
Salah satu kelemahan usaha kecil adalah usaha kecil masih memiliki desain yang terkesan lemah dan sederhana, masih melakukan peniruan desain serta kurang memiliki kemampuan untuk menguasai teknologi dalam bidang desain.

No comments:

Post a Comment