Pasar merupakan lingkungan jual beli yang
terbentuk dari kelompok-kelompok konsumen tertentu. Secara umum, praktis ada
tiga jenis pasar yang bias kita pilih untuk berbisnis :
·
Pasar
Pemerintahan
Pasar pemerintah adalah suatu lingkungan jual beli
yang prosfeknya terdiri dari instansi-instansi pemerintah, antara lain
departemen-departemen, lembaga-lembaga dan non-departemen, lembaga penelitian,
pemerintah daerahserta angkatan bersenjata. Badan Usaha Milik Negara (BUMN),
tidak kita kelompokan disini, karena melihat dari cara kerjanya BUMN lebih
mirip dengan perusahaan swasta.
Hampir semua prospek pada pasar pemerintah yang
berupa lembaga-lembaga non-profit, sebagaimana tersebut diatas, sepenuhnya
mengandal pada dana yang diberikan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja
Negara atau APBN yang disalurkan melalui Departemen Keuangan.
Pengusaha
bias menjadi rekanan dari instansi pemerintah untuk mendapatkan order atau
pekerjaan. Pada beberapa instansi yang dianggap mempunyai posisi strategis
secara politis, pengusaha bahkan diharuskan mengikuti semacam saringan yang
disebut Litsus ( Penelitian Khusus), sebelum dapat dimasukan sebagai rekanan
yang terdaftar. Status bidang usaha yang umum untuk menjadi rekanan instansi
pemerintah antara lain pemborong (kontraktor utama), pemasok (supplier,
leveransir), konsultan, biro teknik (untuk pekerjaan pemeliharaan peralatan),
dan beberapa jenis lainnya.
Untuk
berusaha dalam dasar pemerintah, sebagaimana terjadi di pasar mana pun,
keunggulan mutu produk akan sangat menentukan, di samping teknik pendekatan
yang benar. Setiap masa, cara pendekatan pasar selalu berubah tergantung dari
banyak hal yang mempengaruhi, seperti situasi politik, pergeseran nilai-nilai
moral masyarakat, dan lain sebagainya.
·
Pasar
Swasta
Pasar swasta adalah sebuah lingkungan jual beli yang prospeknya terdiri
dari badan-badan usaha milik swasta, badan usaha milik Negara yang mekanisme
kerjanya mirip badan swasta, serta organisasi-organisasi lain yang bekerja
secara independen, di luar tata cara dan prosedur yang dikendalikan langsung
oleh pemerintah.
Berbeda dengan pasar pemerintah, pasar swasta kebanyakan terdiri dari
organisasi-organisasi yang mencari laba (Profit Centre), perusahaan-perusahaan
biaanya bekerja seefisien mungkin, tata cara dan prosedur transaksi bisnis
diatur sedemikian, sehingga praktis, tidak bertele-tele atau birokratis, dan
menghemat waktu.
Seperti pasar pemerintah, pasar swasta bias menyerap kegiatan
wiraswastaan yang berstatus sebagai pemasok, konsultan, pemborong, kontraktor,
dan lain-lain. Selain itu untuk bias
unggul berusaha di pasar swasta, factor utama yang menentukan adalah tingginya
mutu produk yang ditawarkan serta teknik
pendekatan yang baik.
·
Pasar
Masyarakat Umum
Pasar masyarakat umum, atau pasar konsumen, merupakan pasar yang paling
luas jangkauannya, baik secara geografis maupun secara klasifikasi segmen paar.
Hamper semua komoditi kebutuhan manusia dari segala tingkat status social
tertampung pada pasar ini. Pendekatan bisnis yang lebih menetukan disini adalah
soal selera dan daya beli setiap lapisan masyarakat. Pasar jenis ini lebih
menggantungkan diri pada persaingan bebas. Kiat promosi yang bias menciptakan
merek (brand image) memastikan produk bersangkutan menjadi popular dan
digemari.
Karena pada pasar ini lebih dominan factor persaingan bebasnya, maka
relative factor-faktor mafia-isme, “surat
sakti” dan sebagainya, akan lebih kecil pengaruhnya dibanding pada pasar
pemerintahan ataupun swasta. Peluang yang tersedia juga boleh dikata tidak
terbatas, sehingga para wiraswastawan akan mempunyai kesempatan
sebebas-bebasnya dalam mencari terobosan-terobosan dan inovasi-inovasi baru.
CariTiketPesawat Online Super Cepatdanmurah??
ReplyDeletehttp://selltiket.com
Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!
Inginusahamenjadiagentiketpesawat??
Yang memilikipotensipenghasilantanpabatas.
Bergabungsegera di http://agenselltiket.com
INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI HUBUNGI:
No handphone : 081275049340
PIN : D11EAC9F