Metode Penelitian

1. Pendekatan penelitian 

Rancangan penelitian ini akan dilakukan dengan pendekatan positifistik kuantitatif dan kualitatif secara longitudinal ( Muhajir,2002:33) dengan menggunakan model riset pengembangan (R&D) Borg and Gall (1983:131). 

Dikatakan longitudinal ( Muhajir,2002:33) karena suatu penelitian sifatnya berkelanjutan untuk jangka waktu yang relative panjang, mengikuti proses interaktif ragam variabel (Babbie,1986:80), dengan tujuan untuk menjelaskan dan memahami kejadian yang diobservasi pada rentang waktu tertentu. 

Pendekatan penelitian ini oleh Bryman (2001:40) juga disebut social survey design yang dipandu dengan struktur pertanyaan yang bersifat tertutup. Desain longitudinal ini dirancang untuk mengumpulkan data pada lebih dari satu kasus dan pada kurun waktu tertentu ketika data dikumpulkan secara kuantitatif dan kualitatif terhadap variabel yang kemudian diuji lewat pengembangan secara empiric di lapangan. 

2. Model Pengembangnan 

Rancangn penelitian ini akan menguji pengembangan model bahan ajar pendidikan lingkungan hidup bebsis local dalam mata pelajaran IPS di wilayah Kasihan Bantul dengan menggunakan siklus tahapan R&D dari Borg and Gall (1983:132). Model akan diuji secara teoritis maupun secara empirik di lapangan seelah ditemukan model secara tentative melalui penelitian pendahuluan. 

Dalam penelitian pengembangan , dikemukakan oleh Gey (1981:10), bahwa tujuan utama dari Research and Development bukan untuk menguji hipotesis, melainkan menghasilkan produk-produk efektif untuk digunakan dalam kalangan pendidikan. Karena itu , dalam penelitian ini tidak memaparkan rumusan hipotesis penelitian secara eksplisit. Untuk menghasilkan produk yang efektif peneliti melakukan uji coba produk pengembangan untuk mengetahui Goodness off fit dari model hipotetik yang diajukan.

Lihat Juga Artikel dengan cara meng KLIK di bawah ini :
http://globalsearch1.blogspot.com/
http://ayuarifahharianja.blogspot.com/
http://dinulislami.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment