Pengertian Visual Basic

Pelajaran Visual Basic pada umumnya di pelajari oleh siswa / mahasiswa yang berkecimpung di dalam Ilmu Komputer, dimana Visual Basic ini sangat banyak kegunaannya, baik sebagai program yang digunakan untuk tugas akhir ataupun penelitian mereka

Abdul Razaq ( 2004 ), menyatakan bahwa Visual Basic merupakan salah satu program yang banyak dipakai oleh programmer dalam membuatmembuat suatu progra
m, karena Visual Basic sangatlah Powerful untuk menciptakan berbagai aplikasi. 
http://peluangusahamakro.blogspot.com/
Visual Basic ini seakan-akan panduan bagi software devolever dan menjadi salah satu bahasa yang wajib dipelajari oleh berbagai kalangan, di dunia computer. 

Visual Basic (VB) digunakan untuk menghasilkan program-program aplikasi berbasis windows. Beberapa kemampuan atau manfaat dari visual basic diantaranya adalah sebagai berikut : 
  • Untuk membuat program aplikasi berbasis windows. 
  • Untuk membuat objek - objek pembantu program. 
Menguji program dan menghasilkan program akhir berakhiran EXE yang bersifat Executable atau dapat langsung dijalankan. 

Visual Basic sebenarnya cukup mudah dipelajari bagi programmer pemula yang baru ingin belajar computer, lingkungan visual basic dapat membantu membuat program berbasis windows.Didalam visual basic semua sudah disediakan dalam pilihan-pilihan yang tinggal diambil sesuai dengan kebutuhan.Selain itu, sarana pengembangannya yang bersifat visual memudahkan program aplikasi berbasis windows, bersifat mouse diver (digerakkan dengan mouse). 

Konspetual 

Pada konseptual ini dijelaskan konsep yang perlu dilakukan oleh penulis dalam pembuatan Sistem Informasi Bongkar Muat Barang Dikantor Adpel Asahan.Adapun konsep­konsep tersebut adalah.Pendefisian Sistem, Analisa Sistem, Perancangan, Program, Ujicoba Program. Dengan adanya konsep tersebut diharapkan dapat mempermudah serta mempercepat pembuatan sistem informasi yang akan di buat. 

Berikut ini langkah-langkah yang mempermudah penulis dalam penyelesaian sistem tersebut : 

1. Pendefinisian masalah 

Dalam melaksanakan pembuatan Sistem Informasi Bongkar Muat Barang Dikantor Adpel Asahan tidak luput dari masalah yang selalu timbul pada saat melaksanakan tugas-tugasnya.Dalam menyelesaikan permaslahan yang sedang dihadapi makan perlu dibuat suatu sistem. 

2. Analisis sistem 

Dalam mendapatkan data perlu dilakukan analisa terhadap sistem yang sedang berjalan pada Kantor Administrator Pelabuhan.Dimana analisa yang digunakan penulis adalah metode deskriptif yaitu metode analisa dengan mengumpulkan data yang kemudian dapat gambaran masalah yang diteliti. 

3. Perancangan 

Sebagai gambaran, rancangan atau pembuatan sketsa ini, penulis menggunakan Data Flow Diagram (DFD). Database, Tabel, Relasi, Flowchart, Desain input dan Desain output. 

4. Program 

Dalam pembuatan Sistem Informasi Bongkar Muat Barang Dikantor Adpel Asahan, penulis menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0. 

5. Uji coba 

Uji coba yaitu test program untuk melihat apakah sistem tersebut sudah sesuai dengan yang dibutuhkan.  Bahasa pemrograman yang penulis pakai dalam pembuatan program tersebut adalah hahas pemrograman Ms Visual Basic 6.0 diman Ms Visual Basic adalah bahasa pemrograman yang bekerja dalam lingkungan Ms Windows.Bahasa pemrograman adalah perintah-perintah atau - intruksi yang dimengerti oleh computer untuk melakukan tugas-tugas tertentu. 

Sekian Sekilas tentang Visual Basic kali ini semoga bermanfaat bagi pembaca. 

No comments:

Post a Comment