Analisis Dan Perancangan Sistem

Perancangan suatu Sistem sangat diperlukan, karena sistem dalam suatu kegiatan adalah salah satu yang paling besar untuk menentikan keberhasilan yang kita lakukan.

Analisis Sistem 

Analisis sistem dapat didefinisikan sebagai penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh ke dalam bagian-bagian komponen dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan-permasalahan, kesempatan­kesempatan dan hambatan-hambatan
http://peluangusahamakro.blogspot.com/
yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikanya. 

Tahap analisis sistem dilakukan setelah tahap perencanaan sistem dan sebelum tahapa desain sistem. Tahap analisis sistem merupakan tahap yang kritis dan sangat penting karena kesalahan ditahap ini akan menyebabkan kesalahan ketahap selanjutnya. Selain itu analisis sistem bertujuan untuk memberikan gambaran tentang sistem yang saat ini sedang berjalan. 

Penulis mencoba untuk memperbaiki analisis sistem yang ada saat ini menjadi lebih baik, sehingga kelebihan dan kekurangan dari sistem tersebut dapat diketahui dan diidentifikasikan, serta membandingkannya antara sistem yang lama dengan sistem yang baru. 

Evaluasi Sistem yang sedang berjalan 

Mengevaluasi sistem yang sedang berjalan sengatlah penting karena untuk mengidentifikasikan masalah-masalah yang ada serta berusaha untuk memperbaikinya. Setelah melakukan analisis terhadap sistem tersebut diantaranya adalah sebagai berikut : 
  1. Sering terjadinya kesalahan dalam pengolahan data bongkar muat barang. 
  2. Kinerja dari sistem manual yang ada belum efektif, terjadi penumpukan arsip yang tidak teratur, sehingga keamanan dari datanya kurang terjamin. 
  3. Dalam pencarian data bongkar muat barang mengalami kesulitan. 
  4. Keterlambatan dalam penyusunan laporan-laporan. 
Dilihat dari beberapa kelemahan sistem informasi yang sedang berjalan tersebut, maka penulis mencoba untuk membuat rencana pemecahan. Dimana rencana pemecahan tersebut diharapkan dapat bermanfaat bagi Kantor Administrasi Pelabuhan Kuala Tanjung, Sehingga sistem manual yang ada atau sistern yang sedang berjalan dapat diperbaiki atau diubah dengan sistem yang baru. 

Perancangan Sistem 

Perancangan sistem merupakan satu proses yang mengaplikasikan berbagai teknik dan prinsip yang bertujuan mengidentifikasikan kebutuhan suatu sistem sedemikian detail sehingga mendekati keadaan fisik yang sebenarnya dan untuk menghasilkan sesuatu yang baru atau memperbaharui sistem yang lama. 

Diagram Alir Data 

Diagram Alir Data (DAD) mengidentifikasikan secara terperinci komponen sistem informasi yang didesain. Tujuan dari pengambaran DAD adalah untuk memberikan gambaran secara umum pada pemakai (user) tentang sistem yang baru. Adapun Diagram Alir Data yang penulis buat dari diagram konteks, Diagram Level 0 dan Diagram Level 1. 

Demikian sedikit mengenai Perancagan Sistem kali ini semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment