Bisnis Online Sangat Menjanjikan

Bisnis online sekarang ini sudah sangat bayak di dunia maya, terutama internet, terkadang banyak juga orang yang salah gunakan, dimana Bisnis Online ini dibuat sebagai ajang untuk menipu orang yang ingin belanja atau bertransaksi hanya dengan modal kepercayaan saja tanpa saling mengenal dan tatap muka secara langsung kepada orang tersebut. 


Internet memang membuat banyak perubahan dalam segala aspek kehidupan manusia, termasuk dalam hal bisnis. Ada begitu banyak pelaku bisnis yan sudah sukses menikmati kue “pasar online”, dan yang gagal juga tak kalah banyak. Ya.. berhasil dan gagal memang seperti dua sisi mata uang yang akan saling melengkapi, tetapi dua hal tersebut (berhasil dan gagal) adalah pilihan kita sendiri. Contohlah yang sukses dalam bisnis online seperti Anne Ahira, Joko Santoso, dll.


Saya sendiri belum bisa disamakan dengan mereka, hanya saja saya pikir masih banyak kue pasar online yang tersisa ditengah makin banyaknya pejuang bisnis online di dunia ini. Jadi bagi Anda yang saat ini mempunyai blog atau akun di jejaring sosial, Anda sudah mempunyai modal awal untuk menjalankan bisnis yang tidak membutuhkan tempat dan bisa dilakukan dimana saja ini. 


Adapun jenis bisnis online yang sudah pernah dilakukan ada 13 diantaranya adalah:


1. Program Afiliasi
Adalah bisnis yang menawarkan kerjasama antara pemilik situs tertentu dengan kita yang akan bertugas sebagai agen penjualan. Sebagai seorang penjual, tentunya kita ikut memasarkan dan mempromosikan produk-produk mereka. Prosentase komisi akan sangat beragam, komisi yang besar biasanya di dapat dari penjualan e-book atau software. Contoh populer adalah Commission Junction.

2. Reseller
Bisnis seperti ini nyaris sama dengan bisnis di atas namun untuk memulainya kita harus bergabung dan mengikuti sistem produk yang telah mereka tetapkan.

3. Jual Produk Informasi
Dalam bisnis ini kita menjual informasi ilmu, keahlian yang kita miliki ataupun ilmu yang didapatkan dari orang lain. Biasanya semua informasi dikumpulkan dan dijadikan e-book yang siap jual. Kalau dipikir, seharusnya informasi bisa kita dapatkan gratis di dunia internet, namun untuk beberapa situs hanya menghimbau untuk memberikan sumbangan (donation).

4. Bisnis Iklan
Bisnis ini cukup banyak peminatnya, karena hasilnya cukup besar. Kita bisa menjadi perantara antara orang yang memiliki produk untuk dijual (advertiser) dan orang yang menayangkan iklan di web/blog pribadinya (publisher). Atau kita juga bisa menjadi publisher, asalkan kita mempunyai situs yang memiliki trafik pengunjung yang tinggi. Ada juga bisnis Text Link

5. Paid To Survey (survey online berbayar)
Kita diminta untuk melakukan survei online yang bayarannya tidak terlalu besar namun menjanjikan. Caranya kita diminta mengisi form isian survei dari perusahaan-perusahaan besar yang sedang melakukan survei tentang pasar. Informasi yang saya terima untuk warga Indonesia bayarannya masih kecil, pemabayaran tebesar biasanya untuk survei di Negara Amerika, Kanada, dan Inggris.

6. Paid To Click
Kita diminta meng-klik iklan dan melihatnya, biasanya selam 30 detik dan kita mendapat bayaran dari kegiatan tersebut. Salah satunya seperti ClixSense atau BuxNet.

7. Paid To Review
Kita harus memberikan review berupa tulisan dalam blog atau pribadi yang kita miliki tentang suatu produk. Dari hasil ulasan artikel yang dimuat dalam blog/situs kita mendapatkan bayaran. Jadi ulasanmu dihargai dengan uang. Contohnya antara lain: SponsoredReviews, Buy Blog Review, Blogvertise dan AdReviewCamp.

8. Autosurf Program
Sebuah program yang meminta kita untuk melakukan surfing di internet, yang sebelumnya kita diminta mendaftar sebagai member. Hati-hati terhadap program ini, karena banyak yang hanya menipu (scam).

9. Toko Oline
Kita menjual produk melalui internet dengan membuat situs untuk memajang produk-produk tersebut, kelebihannya kita tidak perlu memiliki gudang, kita hanya perlu bekerjasama dengan produsen produk yang kita jual. Apabila kita membuat produk sendiri akan lebih leluasa, terutama dalam penentuan harga. 

10. Content Writer
Apabila kita mempunyai kemampuan untuk menulis, kita bisa menjual hasil-hasili tulisan kita kepada pemilik blog/situs. Perlu diperhatikan bahwa sebaiknya kita menjual satu tulisan hanya kepada satu orang agar lebih unik dan tidak sama dengan yang lain. Mudah dan sederhana.

11. Jasa Online
Bila Anda memiliki ilmu tentang website, misalnya pembuatan web, desain web, web hosting, atau ilmu tentang pembuatan software, konsultan dan lain-lain. Dengan semua kemampuan tersebut Anda juga bisa menjadi konsultan.

12. Investasi Online
Kegiatan investasi (menanamkan modal/sejumlah uang) melalui internet, yang hasil akhirnya uang kita bisa bertambah tanpa harus melakukan usaha apapun. Untuk bisnis yang satu ini, saya sangat tidak menyarankan kepada para pemula, karena banyak tipu-tipu di dalamnya. Beberapa teman pernah merugi hingga puluhan juta.

13. MLM Bisnis
Sama dengan bisnis network marketing yang ada saat ini, hanya saja kita tidak harus bertatap muka dengan calon klien kita. Mengingat makin banyaknya jumlah pengguna internet di Indonesia bisnis ini cukup menjanjikan. Namun hati-hati Anda harus mencari perusahaan yang cukup solid dan terpercaya.

Lumayan banyak juga ya.. Silahkan Anda pilih bisnis mana yang menurut Saudara paling cocok. Menurut saya apapun bisnis yang kita lakukan akan mendapatkan hasil jika dilakukan dengan kemauan dan kesungguhan. Serta ada baiknya bisnis tersebut merupakan bagian dari kesenangan/hobbi kita. Selamat berbisnis online.

No comments:

Post a Comment